TIPS! Mencari Kerja Via Online

ciri-ciri lowongan palsu

Internet mendorong kita ke era digital dengan perubahan teknologi yang semakin maju, manusia saat ini sangat di mudahkan dalam melakukan hal apapun karena adanya teknologi internet, untuk mendapatkan informasi maupun berita tidak sesulit seperti dulu.

Dalam mencari pekerjaan contohnya; saat ini semuanya serba online dan praktis, melamar kerja cukup dari smartphone dan tidak perlu harus keluar rumah apalagi harus antri berdesakkan seperti melamar kerja secara langsung ke perusahaan. Akan tetapi di balik kemudahan yang diberikan, ternyata terdapat masalah yang mesti kita waspadai saat mencari kerja lewat internet, berbagai macam tindak kejahatan modus penipuan lewat intenet yang masih marak kita jumpai hingga saat ini. Tidak sedikit korban yang pada akhirnya tergiur dan tertipu oleh modus penipuan iklan lowongan kerja di internet. Modus penipuan lowongan kerja saat ini masih banyak beredar di internet seperti media sosial hingga pesan berantai seperti WhatsApp dan juga Telegram.

Setiap orang pastinya ingin mendapat pekerjaan terbaik agar dapat mensejahterakan hidupnya dari segi ekonomi dan finansial di masa mendatang, namun sebaiknya kalian mesti hati-hati dan patut curiga dengan informasi lowongan kerja yang menawarkan gaji tinggi dengan persyaratan yang mudah, biasanya informasi lowongan kerja seperti itu palsu dan berujung untuk menipu Anda.

Lalu bagaimana cara membedakan iklan lowongan kerja palsu dan tidak, berikut ini merupakan tips cara mencari pekerjaan melalui internet, untuk mengetahui iklan lowongan kerja tersebut palsu atau tidak simak sedikit penjelasan mengenai loker palsu yang identik dengan ciri-cirinya.

Ciri-ciri informasi lowongan kerja palsu

1. Menawarkan gaji tinggi dengan persyaratan mudah

gaji tinggi

Tanpa tes bisa langsung kerja, tidak butuh pengalaman, semua jenjang pendidikan di persilahkan untuk melamar.

Dari kutipan penawaran kerja seperti di atas sebaiknya kalian hati-hati biasanya penipu menjaring korban dengan modus informasi lowongan kerja yang seperti itu kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan cukup tidak biasa mungkin bisa sangat janggal, pada kalangan fresh graduated yang notabene masih semangat 45 dalam mencari pekerjaan kamu juga mesti waspada dan harus mengkroscek ulang setiap lowongan kerja yang akan kalian lamar kerja.

2. Lokasi Interview

lokasi perusahaan

Jika kalian melakukan apply lowongan kerja online pastinya akan ada tahap panggilan dan sesi interview, pastikan lokasi interview terlebih dahulu sebelum kamu mengunjungi tempat tersebut, cari tahu tentang lokasi yang akan di jadikan sebagai tempat sesi interview bisa melalui google maps maupun group atau forum-forum kerja seperti LinkedIn apakah lokasi tersebut merupakan bagian dari kantor cabang perusahaan yang kalian lamar atau bukan.

3. Email

email perusahaan

Biasanya perusahaan-perusahaan besar menggunakan email resmi dengan akhiran nama perusahaan atau nama situs web milik perusahaan tersebut, dengan contoh recruitment@hainiken.com. Akan tetapi tidak mesti melulu menggunakan email perusahaan kadang perusahaan juga ada yang tidak menggunakan email resmi milik perusahaan.

4. Panggilan melalui SMS/WhatsApp

panggilan kerja

Sebaiknya kalian hati-hati dengan panggilan kerja melalui SMS/WhatsApp biasanya perusahaan memanggil calon kandidat melalui panggilan telepon dengan nomor perusahaan identik dengan (021xxxxx), atau juga melalui email.

Semoga tips ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan selalu waspada dengan berbagai modus penipuan lowongan kerja yang banyak tersebar di internet. Jika kalian mendapatkan informasi lowongan kerja pada situs hainiken.com atau pada situs patner kami Majalah Loker jangan ragu hubungi kami pada email admin@hainiken.com agar kami dapat menindaklanjuti postingan lowongan kerja tersebut.